Dalil-dalil Landasan Ibadah Haji dan Umrah

Tidak diragukan bahwa ibadah Haji dan umroh adalah dua ibadah yang sangat mulia dan bermanfaat bagi umat Islam. Namun demikian banyak dari kalangan umat Islam yang belum mengetahui dalil dalilnya. Kedua ibadah ini memiliki dalil-dalil yang kuat dari Al-Quran dan Sunnah. 

dalil-dalil landasan ibadah haji dan umroh

Berikut adalah beberapa dalil dalil ibadah haji dan umroh:

1. Dalil Al-Quran

  • Allah SWT berfirman: "Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya meraka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus , yang datang dari segenap penjuru yang jauh." (QS. Al-Hajj: 27)
  • Allah SWT berfirman: "Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah……." (QS. Al-Baqarah: 196)
  • Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Safa dan Marwa merupakan sebagian syi’ar(agama) Allah. Maka barangsiapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’I antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kebaikan dengan sukarela, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 158)
  • Dan masih banyak lagi dalil dari ayat Alquran yang dapat di jadikan landasan ibadah Haji dan Umroh.



2. Dalil Sunnah

  • Rasulullah SAW bersabda: "Haji yang mabrur tidak ada balasannya selain surga." (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Rasulullah SAW bersabda: "Umroh ke umroh menghapuskan dosa yang terjadi di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada balasannya selain surga." (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang keluar rumahnya menuju haji atau umroh, maka ia seperti orang yang berperang di jalan Allah. Jika ia mati, maka ia mendapatkan pahala syahid, dan jika ia kembali, maka ia mendapatkan ampunan Allah." (HR. Ahmad)
  • Dan masih banyak lagi hadist tentang ibadah Haji dan Umroh


Dari dalil-dalil di atas, kita dapat memahami bahwa haji dan umroh adalah ibadah yang sangat agung dan memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk melaksanakannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan syariat. Semoga Allah SWT memberikan kita kesempatan untuk menunaikan haji dan umroh serta menerima amal kita. Amin.